Sunday, June 5, 2016

JENIS - JENIS PARFUM DAN PENGGUNAANNYA

             Saat ini penggunaan wewangian atau parfum tidak hanya pada saat upacara adat, namun telah meluas sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sesuai fungsinya parfum digunakan untuk menutupi bau keringat dan meningkatkan rasa percaya diri. Di Era yang berkembang kini, parfum telah menjadi tren gaya hidup dan menunjukkan tingkat kelas sosial seseorang. Parfum biasanya digunakan setelah mandi atau bertemu relasi. Adapun pengertian Parfum atau Perfume adalah campuran minyak esensial dan senyawa aroma dengan kandungan (volume) campuran essense yang berbeda-beda tiap kemasannya, yang bertujuan untuk memberi kesegaran dan aroma wangi pada tubuh manusia, objek, ataupun ruangan.


     Tingkatan kelas pada parfum dapat dilihat berdasarkan harga dan presentase tingkat campuran essense parfum yang dikemas, semakin tinggi tingkatan persen campuran essense parfum, maka makin lama daya tahan aroma dan wewangian yang dihasilkan. Berikut adalah jenis-jenis parfum sesuai dengan tingkat dan penggunaannya :

1. Parfum (Perfume)
       Parfum atau biasanya disebut Extrait (Ekstrak) merupakan jenis wewangian paling mahal di antara jenis wewangian lainnya. Karena kandungan konsentrat parfum yang paling tinggi yakni mencapai 40%. Tingkat alkohol dan kadarnya jauh lebih tinggi dan dikemas kedalam botol-botol unik, eksklusif serta tergolong mewah. Cara menggunakan parfum ini pun hanya sekedar di teteskan atau disemprot di pergelangan tangan, belakang telinga atau leher. Meskipun demikian, sedikit pengaplikasiannya wewangian jenis ini dapat bertahan paling lama hingga 2-3 hari. Sehingga dikelasnya merupakan wewangian dengan kasta tertinggi dan dibandrol dengan harga yang terbilang cukup fantastis, yaitu berkisar antara puluhan juta hingga miliaran rupiah per botolnya, tidak heran jenis parfum ini sering disebut juga "berlian cair". Parfum ini juga dapat digunakan sebagai kado atau souvenir untuk relasi bisnis dan untuk dipajang di etalase karena memang unik. Tidak perlu terlalu dekat untuk mencium wangi khasnya, karena ini merupakan parfum “selamat tinggal” yang artinya, orangnya sudah pergi namun wanginya tetap tertinggal di hidung orang sekelilingnya. Hehehe.. Berikut contoh Parfum dari Oriflame yaitu Giordani Gold adalah rangkaian mewah yang terinspirasi oleh keanggunan klasik yang berpadu dengan gaya hidup Italia yang elusif. Giordani Gold menyatukan kualitas tertinggi dan kehangatan yang elegan untuk memanjakan Anda secara istimewa.

Bahan : ALCOHOL DENAT., PARFUM, AQUA, LIMONENE, PEG-40 HYDROGENATED CASTOR OIL, BUTYLPHENYL METHYLPROPIONAL, HYDROXYCITRONELLAL, LINALOOL, CITRONELLOL, GERANIOL, HEXYL CINNAMAL, BUTYL METHOXYDIBENZOYLMETHANE, CITRAL, ISOEUGENOL, FARNESOL, PHENOXYETHANOL, CI 19140, CI 16035

GIORDANI GOLD ESSENZA PARFUME
31816


2. Eau de Perfume (EDP)
    Jenis Eau de Perfume ini wewangian yang tingkat alkoholnya sedikit, dengan konsentrat bahan wewangian sebanyak 8-16%. Wanginya cukup tahan lama hingga 8-12 jam, sangat cocok untuk yang bekerja atau beraktifitas seharian. Aromanya sama memikat seperti parfum, harganya juga lebih terjangkau. Kemasannya juga unik, namun biasanya ukuran botol lebih besar. Umumnya harga parfum ini ditawarkan cukup bervariatif biasanya mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Berikut contoh EDP dari Oriflame yaitu GiordanI Gold Originale EDP dengan wangi mewah.

Bahan : ALCOHOL DENAT., AQUA, PARFUM, LIMONENE, HYDROXYCITRONELLAL, ALPHA-ISOMETHYL IONONE, CITRONELLOL, BENZYL SALICYLATE, LINALOOL, BUTYL METHOXYDIBENZOYLMETHANE, GERANIOL, HEXYL CINNAMAL, EUGENOL, CITRAL, CINNAMAL, BENZYL ALCOHOL, PHENOXYETHANOL, CI 16035, CI 19140
GIORDANI GOLD ORIGINALE EAU DE PARFUM
32150


3. Eau de Toilette (EDT)
  Jenis Eau de Toilette ini wewangian yang tingkat alkoholnya menengah, dengan konsentrat bahan wewangian sebanyak 4-8%. Aromanya ringan dan pada umumnya dikemas dalam bentuk spray. Harganya relative terjangkau berkisar ratusan ribu dan tahan hingga 3-5 jam, sehingga perlu disemprot ulang agar wanginya lebih awet. Wewangian jenis ini cocok digunakan untuk segala suasana yang tidak membutuhkan waktu yang lama seperti pergi ke acara pesta atau hanya untuk nongkrong di café atau bioskop. Contohnya Divine Eau De Toilette ini aroma bamboo dan ivy violetnya memukau, mempesona dan sensual. Keanggunannya seperti bidadari dari surga yang diimpikan setiap pria.

Bahan : ALCOHOL DENAT., AQUA, PARFUM, BENZYL SALICYLATE, ALPHA-ISOMETHYL IONONE, BUTYLPHENYL METHYLPROPIONAL, BUTYL METHOXYDIBENZOYLMETHANE, LINALOOL, CITRONELLOL, LIMONENE, EUGENOL, GERANIOL, HYDROXYCITRONELLAL, CI 42090, CI 17200.

DIVINE EAU DE TOILETTE
11355


4. Eau de Cologne (EDC)
   Merupakan jenis wewangian yang paling ringan dan jarang menimbulkan alergi atau komplain lain, Tingkat alkoholnya paling tinggi sehingga cepat meguap dan wanginya bertahan sekitar 2-3 jam. Mengandung 2-4% konsentrat bahan wewangian dan kadar alkohol yang paling tinggi dibanding keempat golongan lainnya. Nama pasar untuk parfum ini dikenal sebagai Cologne, Body Mist, Body Spray atau Body Splash. Harganya sangat terjangkau berkisar puluhan ribu. Cologne ini bisa digunakan setelah berolahraga agar lebih segar, atau sehari-hari dirumah. Ini contoh Body Mist dari Oriflame, aromanya rngan menyegarkan.

Bahan : ALCOHOL DENAT., AQUA, PARFUM, PEG-40 HYDROGENATED CASTOR OIL, LINALOOL, ALPHA-ISOMETHYL IONONE, LIMONENE, CITRONELLOL, HEXYL CINNAMAL, BUTYLPHENYL METHYLPROPIONAL, HYDROXYCITRONELLAL, BENZYL SALICYLATE, CITRAL, PHENOXYETHANOL, SODIUM CHLORIDE, CI 17200, CI 42090, CI 19140
MISS RELAX FRAGRANCE BODY MIST
31634


5. Splash Cologne
    Ini dia parfum paling murah meriah harganya sangat terjangkau dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah saja, dengan kandungan campuran essense yang sangat sedikit antara 1-3 persen ini, wanginya hanya mampu bertahan 1 jam bahkan kurang. Umumnya dikemas berbentuk roll on, deodorant, dan body spalsh dan biasanya baik digunakan sehabis mandi. Ini contoh Giordani Gold 24H Anti-perspirant Deodorant yang aromanya mewah tahan hingga 24 jam.

Bahan : AQUA, ALUMINUM CHLOROHYDRATE, STEARETH-2, PPG-15 STEARYL ETHER, STEARETH-21, GLYCERIN, CYCLOPENTASILOXANE, PARFUM, CYCLOHEXASILOXANE, ALLANTOIN, HYDROXYCITRONELLAL, LIMONENE, BENZYL SALICYLATE, ALPHA-ISOMETHYL IONONE, CITRONELLOL, LINALOOL, GERANIOL.

GIORDANI GOLD ANTI-PERSPIRANT 24H DEODORANT
24171


        Perlu diketahui juga bibit parfum (parfum murni) memang harus dilarutkan dengan campuran lain seperti air dan alkohol. karena bila digunakan dengan kandungan yang murni kulit dapat cedera (terbakar) dan alergi. Jadi sudah tahu kan mana parfum yang paling tahan lama? Untuk pemakaian sehari-hari, eau de toilette adalah parfum yang paling cocok dan ekonomis untuk Anda. Sedangkan untuk acara casual dan bernuansa sporty, sebaiknya cologne menjadi pilihan yang paling ramah di kantong. Semoga Bermanfaat.

Sumber : oriflame.co.id



No comments:

Post a Comment